Book Map merupakan sebuah sistem yang dibuat oleh Taman Baca DE-5 dengan tujuan  agar mempermudah penempatan dan sekaligus pengontrolan jumlah serta pencarian calon peminjam serta pendataan judul buku di Taman Baca DE-5. Oleh karena itu Book Map perlu dibuat sebagai serangkaian system yang mampu memberi peta keberadaan buku untuk memberi informasi serta kemudahan anggota saat melakukan transaksi peminjaman buku.

Book Map atau peta buku ini merupakan bagian dari sistem  manajemen internal di Taman Baca DE-5 yang dapat mempermudah mekanisme kerja dan pendataan buku yang sangat berbeda dari system dan mekanisme kerja perpustakaan atau Taman Baca lain.

Kategori Buku: A/Dewasa

Kategori buku dewasa ditempatkan pada lemari A yang terdiri dari 12 rak dengan kode (R). Masing-masing rak terdiri dari beberapa judul buku agar mempermudah anggota untuk melakukan pilihan. Book Map untuk  kategori dewasa/Lemari A adalah sebagai berikut:

R1: Judul buku : ………………
Kategori : Fiksi/Nonfiksi
R2: Judul buku : ………………
Kategori : ………………
R3: Judul buku : ………………
Kategori : ………………

Dst……………

Kategori:

Lemari 1 menyimpan jenis buku yang dikategorikan untuk pembaca atau anggota yang telah berusia di atas 17 tahun atau duduk di bangku Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Perguruan Tinggi (PT)

Kode:

Pengkodean buku yang ditempatkan di lemari 1 diambil dari no lemari, rak dan kategori buku. Contoh : LR/A.2/F/ Dengan kode ini dipahamilah bahwa letak buku tersebut berada di lemari 1 dan pada rak 2 berkategori F, fiksi. Untuk kategori nonfiksi, kita memakai singkatan NF. Sedangkan kode kategori untuk item bukan buku seperti majalah dan koran kita memakai singkatan MJ dan KR . Untuk item lain, diberikan inisial nama depan item tersebut dengan huruf kapital. Lihat contoh berikut:

1. Kaset: KS

2. Tas : TS

3. Dll

 

Advertisements